Aien Hisyam

– hidup adalah tempat belajar –

Jacqueline Losung

Senang Membuat Isi Materi


Banyak ‘dunia’ yang ia ‘singgahi’, dan akhirnya, Jacquline memilih menjadi pemimpin di situs entertainment terkenal KapanLagi.com. Apakah ini menjadi akhir ‘persinggahan’ wanita cantik ini? Jacqueline pun tersenyum.

‘Maklum kantor baru,’ ujar Jacqueline, tersenyum. ‘Jadi belum ada papan namanya.’ Rupanya, perusahaan situs entertainment ini baru beberapa bulan menempati ruang barunya. Begitupun dengan Jacqueline yang juga baru beberapa bulan memegang kendali perusahaan tersebut.

Bukan hal baru bagi wanita muda ini terjun di dunia internet. Jauh sebelumnya, Jacqueline sudah malang melintang di bidang ini. Ia bahkan pernah di percaya perusahaan besar Yahoo, untuk menjadi Authorized Re-seller di Indonesia.

“Sejak saya bergabung dengan Yahoo, dunia online dan internet menjadi daya tarik yang luar biasa bagi saya,” kata Jacquliene, antusias.

Maka, tak salah ketika tawaran memegang KapanLagi.Com datang, Jacqueline langsung menerima dengan senang hati. Ia menganggap bahwa kesempatan tak akan datang untuk kedua kali.

Jual Beli Film

Jacqueline mengawali karir media di dunia televisi. Ia bekerja hampir selama 14 tahun di Divisi Programming RCTI, dan sesekali menjadi TV Announcer atau pembawa acara quiz untuk event special.

“Ketika saya di televisi saya berkesempatan untuk membangun networking yang lebih luas dengan berbagai producer dan distributor film di seluruh dunia,” cerita Jacqueline.

Setelah meninggalkan RCTI, Jacqueline dan beberapa temannya mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang TV and Film Licensing.

“Pada saat itu, salah satu property terbesar yang kami miliki adalah Liga Italia Serie A untuk 3 tahun berturut-turut. Kita satu-satunya distributor yang bisa menjual program bola ke dua stasiun televisi sekaligus,” ujar Jacqueline, bangga.

Selanjutnya, Jacqueline menjalin kerjasama dengan mitra dari Malaysia, untuk memasok program-program hiburan dari Indonesia.  Bersamaan dengan itu Jacqueline diajak teman-temannya asal Malaysia dan Singapura untuk membentuk sebuah perusahaan yang bidang usahanya adalah Media Online.

“Dari sinilah saya mulai bergelut dengan bidang yang sangat baru ini buat saya dan kami menjadi Authorized Reseller Yahoo di Indonesia. Tugas saya adalah membantu memperkenalkan Yahoo di Indonesia dan ‘memonetize’ web network mereka,” ujar Jacqueline.

Banyak hal baru yang dipelajari Jacqueline dengan cepat. Sambil tersenyum cerah, ia mengaku senang memikirkan, mengkonsep dan membuat content.

“Kalau di bidang online, saya memang masih sangat baru, tetapi intinya apapun yang saya lakukan harus bermanfaat bagi banyak orang. Kalau di televisi bagaimana kita menghadirkan program yang disukai dan menghibur banyak orang. Waktu di mobile saya membuat inovasi dengan Global Starter Pack. Mudah-mudahan di online juga demikian, saya bisa membuat content cerdas dan menarik.

Menarik dan Berbobot

Sebagai orang yang pernah berkecimpung di dunia media, Jacqueline percaya dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan masyarakat terhadap akses informasi yang lebih luas, media online akan menjadi media yang sangat penting.

“Oleh karena itu saya sangat tertarik bergabung dengan Kapanlagi.com karena ini adalah “the biggest entertainment website in Indonesia”  dan disini saya tidak saja bertugas bagaimana me-monetize sebuah entertainment portal, tetapi yang lebih menarik lagi saya diberikan kesempatan untuk mengembangkan isi dan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak yang lebih luas agar sajian Kapanlagi.com dapat lebih menarik dan berbobot .”

Ketika, Jacqueline diberi kesempatan mengembangkan isi materi di situs KapanLagi.com, hal itu membuatnya kian bersemangat. ”Karena ini adalah bagian dari keinginan saya selama ini sejak terjun di bidang online. Sejak dulu, saya ingin menjadi ahli di bidangnya. Dimana pun saya ditempatkan saya ingin menjadi ahli dan yang terbaik di bidang tersebut,’ tegas Jacqueline.

Khusus di KapanLagi.com, Jacqueline dan timnya tengah mmepersiapkan empat kanal baru.

”Itulah kenapa mereka menempatkan perempuan disini,” sesaat Jacqueline tertawa renyah, ”karena itu akan berhubungan dengan dunia perempuan. Ada women only, ada life style, olah raga bola dan otomotif. Yang empat ini akan lebih kita seriusi lagi. Selama ini KapanLagi.com dikenal sebagai situs entertainment.”

Dengan adanya empat kanal tersebut, diharapkan KapanLagi.com akan semakin lengkap. Toh begitu, Jacqueline tidak merasa bersaing dengan media-media online lainnya.

”Di dunia media ini kita saling bergandengan tangan. Sebagai contoh, Yahoo itu juga mengambil berita dari situs lain, salah satunya dari KapanLagi.com. begitupun dengan media-media online lainnya, yang saling mendukung dan saling support. Sumber bisa dari kita, tapi distribusi bisa dari siapa saja,” jelas Jacqueline.

Melalui Doa

Oleh karenanya, Jacqueline tidak begitu tertekan saat harus memimpin perusahaan media online. Menjadi pemimpin yang baik, lanjutnya, ”klasik saja, visioner dan yang pasti harus mempunyai tujuan yang jelas, dapat menjadi contoh tauladan bagi orang lain, mau mendengarkan orang di sekitar kita, mempunyai wawasan luas.”

”Kalaupun ada kendala, ya kita hadapi saja. Di dunia kerja apapun, kendala dan tantangan selalu ada dan bervariasi, ada yang mudah dilalui tetapi ada juga yang menguras energi, tetapi dengan penyertaan Tuhan itu semua dapat saya lalui. Karena saya percaya ini adalah proses kehidupan yang harus saya jalani agar saya lebih baik lagi, lebih maju lagi. Ke Tuhan, melalui doa, terutama doa bersama dengan keluarga terdekat, saya akan menjadi lebih kuat dan tegar. Saya mempunyai keluarga yang mempunyai persekutuan yang sangat erat di antara kita,” kata wanita cantik ini dengan suara teduh.

Jacqueline merasa hidupnya biasa-biasa saja. ”Kebetulan saya dibesarkan dari keluarga yang baik . Jadi saya bersyukur dibekali prinsip-prinsip kehidupan yang baik oleh mereka. Jadi ketika tantangan datang ya saya jalani saja sesuai dengan yang orang tua saya ajarkan, demikian juga ketika ada sesuatu yang menggembirakan terjadi juga kita tidak terlalu terjebak dalam euforia yang berlebihan.  Jadi kalau ditanya hal apa yang paling berkesan ya banyak, apalagi waktu masih kecil ketika orang tua saya lengkap, rasanya hidup nggak pernah susah,” ujarnya, tersenyum.

Karenanya, Jacqueline berusaha hidup seimbang dalam segala hal. Keseimbangan fisik dan mental.

”Saya suka bekerja keras, tetapi saya juga harus punya my ”me time” untuk melakukan hal-hal yang saya senangi. Saya suka makan enak, tetapi saya juga ada ukuran atau takarannya dan yang pasti harus olah raga juga,” kata Jacqueline.

Aien Hisyam

January 15, 2010 - Posted by | Profil Pakar IT, Profil Pengusaha

No comments yet.

Leave a Reply

